Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Info Terbaru » Cara Membuat Website Toko Online Dengan Memanfaatkan CMS

Cara Membuat Website Toko Online Dengan Memanfaatkan CMS

Diposting pada 9 December 2019 oleh admin | Dilihat: 476 kali

Cara membuat Website toko online – Dewasa ini, pemasaran produk via online tampaknya jauh lebih menjanjikan bagi para pedagang. Mengapa demikian? Selain audience yang jauh lebih luas, perubahan gaya hidup masyarakat juga menjadikan mereka lebih minat belanja online dibandingkan belanja langsung ke toko fisiknya.

cara membuat website toko online

cara membuat website toko online

Produk yang dijual belikan secara online pun sangat beragam, mulai dari produk fashion seperti Hijab, produk digital, hingga makanan atau bahkan jasa. Semua jenis produk tersebut bisa dipasarkan melalui media social, Marketplace atau yang paling menjanjikan adalah toko online pribadi.

Ya, Anda bisa membuat Website toko online untuk menggiring kepercayaan lebih dari para customer terhadap toko maupun produk Anda. Jadi bagi Anda yang sedang bergelut atau ingin terjun ke dunia jual beli online, ada baiknya segera membuat Website toko online.

Cara membuat website toko online pun sangat mudah. Selain itu Platform yang menawarkan layanan ini juga sangat banyak dengan berbagai kelebihan masing-masing.

Hanya saja, untuk build Website toko online dari nol, Anda perlu memahami bahasa pemrograman terlebih dahulu seperti Javascript, PHP, HTML, Python dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga perlu memahami tentang Domain Hosting, Web security dan beberapa keahlian lainnya.

Baca juga: Cara memulai bisnis online dari nol

Sementara bagi Anda yang tak ingin ribet dan ingin segera memiliki Website toko online, Anda bisa memanfaatkan CMS. Tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman dan tanpa membutuhkan waktu lama, Anda sudah bisa membuat Website toko online.

Cara membuat Website toko online melalui CMS atau Content Management System ini merupakan cara termudah dan memungkinkan Anda melakukan perubahan manajemen konten sesuai keinginan.

Jadi bisa disimpulkan, CMS merupakan Website yang sudah jadi, sehingga Anda hanya tinggal menyesuaikannya sesuai keinginan. CMS yang bisa dimanfaatkan pun sangat beragam, seperti WordPress, Joomla atau Drupal. Sementara untuk pembuatan Website toko online ada Prestashop, OpenCart dan lain sebagainya. Kemudian untuk pembuatan elearning pada Moodle.

Penggunaan CMS ini menjadi terobosan terbaik untuk para pemula. Menariknya, beberapa dari CMS tersebut bisa digunakan secara gratis dan sudah dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis di Internet Melalui WordPress

Cara Membuat Website Toko Online Melalui Prestashop

Prestashop merupakan salah satu CMS yang disediakan khusus bagi Anda yang ingin membuat toko online. Prestashop sendiri dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan juga MySQL. Sama seperti WordPress, disini Anda juga bisa membuat Website sesuai dengan keinginan, karena fiturnya yang memungkinkan Anda melakukan pengaturan secara mudah dan bebas.

Dari sini Anda pun akan mendapati berbagai fitur pendukung seperti keranjang, tambah pesanan, cara pembayaran, katalog produk, fitur pengiriman dan lain sebagainya. Dengan banyaknya fitur yang sudah tersedia, Anda tak perlu lagi membuat Website toko online dari nol.

Cara membuat Website toko online melalui Prestashop ini sangat mudah, cukup sesuaikan lokasi, mata uang, metode pembayaran serta beberapa fitur yang dibutuhkan pada toko Anda.

Lalu bagaimana dengan tampilannya? Untuk masalah tampilan, Anda tak perlu khawatir, karena disini tersedia begitu banyak pilihan tema menarik. Konsep tema yang beragam menjadikan Anda bebas memilih manakah yang paling sesuai dengan produk dagangan Anda.

Kemudian dari segi keamanan atau security, Anda pun sudah tak perlu lagi repot melakukan pengaturan manual, sebab tim Prestashop sudah menjamin keamanan Website. Yang paling menarik, Anda bisa mendapatkan semua layanan tersebut secara gratis!

Kelebihan Prestashop Untuk Pembuatan Website Toko Online

Mengapa Prestashop sangat disarankan bagi Anda yang ingin membuat Website toko online dengan mudah dan cepat? Berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan Prestashop untuk Anda:

  • Mudah digunakan
  • Menawarkan layanan seperti toko online professional
  • Memiliki berbagai fitur (pesanan, pembayaran, customer, pengiriman, statistic penjualan dan lain sebagainya)
  • Pengguna bisa melakukan kustomisasi sesuai keinginan
  • Banyak pilihan tema dan module yang dapat digunakan
  • Pengguna bisa mengembangkan module sendiri
  • Bisa dimanfaatkan secara gratis
  • Bisa dikelola dengan bahasa Indonesia
  • Tidak harus mengerti bahasa pemrograman.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Langkah Membuat Website Toko Online

Ada banyak pilihan cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat toko online gratis melalui Prestashop, mulai dari install manual, menggunakan Softaculous dan lain sebagainya. Berikut panduan lengkapnya:

  • Instalasi Manual

Langkah pertama dan yang paling mudah untuk dilakukan ialah langsung download file zip Prestashop. Selanjutnya langsung lakukan kustomisasi pada localhost atau langsung pada Hosting.

Anda bisa bebas mengisi konten, memilih tema, memasang produk, menuliskan harga produk dan spesifikasi lengkapnya melalui localhost. Setelah itu langsung lakukan upload ke Hosting melalui File Manager atau bisa langsung upload melalui FileZilla.

  • Melalui Softaculous Apps Installer

Jika sebelumnya Anda sudah memilih Hosting atau Domain, Anda bisa membuat toko online dengan Prestashop melalui Softaculous App Installer. Softaculous Apps Installer sendiri merupakan auto installer yang ada di Hosting dan memiliki fungsi untuk mempermudah instalasi berbagai CMS serta berbagai macam aplikasi Website yang sifatnya open source.

Anda bisa langsung masuk ke cPanel Hosting, lalu lakukan instalasi melalui Softaculous Apps Installer.

Setelah mengikuti Cara membuat Website toko online di atas, selanjutnya Anda tinggal melakukan kustomisasi atau penyesuaian Website toko online dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Lalu bagaimana dengan pengembangan Website toko online tersebut? Hampir sama seperti Blog, tolok ukur kesuksesan Website toko online adalah seberapa banyak pengunjung di Website tersebut dan seberapa besar CTA yang masuk.

Baca juga: Cara Mudah Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Untuk mendapatkan peningkatan yang semakin membaik dari waktu ke waktu, Anda bisa menerapkan beberapa trik berikut ini:

  • Perbaiki Tampilan Website

Penting Anda ingat, first impression merupakan yang utama. Apakah Anda percaya jika cinta pada pandangan pertama itu juga berlaku pada Website? Yups, Website yang memiliki tampilan menarik, akan lebih mudah menarik perhatian calon pembeli.

Bayangkan, bagaimana calon pembeli akan tertarik dengan produk Anda jika tampilan Websitenya saja tidak menarik? Untuk itulah, cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian calon pembeli yakni memperbaiki tampilan Website.

Anda bisa pilih tema serta plugin yang menarik dan sesuai dengan konsep maupun jenis produk yang Anda jual.

  • Perbaiki SEO

Perbaikan SEO atau Search Engine Optimization ini berfungsi untuk menaikkan traffic dan membuat Website Anda berada di peringkat pertama halaman Google. Selain dengan mempercantik tampilan Website , Anda pun harus memperbaiki SEO.

Meski secara umum peningkatan SEO ini hanya dibutuhkan untuk Blog atau Website pribadi, namun jika Anda menanamkan Backlink pada Blog tersebut ke toko online Anda, bukankah ini juga akan memberikan dampak yang begitu besar? Teknik pemasaran double action ini bisa memberikan grafik peningkatan yang cukup besar.

Jadi cara membuat Website toko online sendiri sebenarnya bisa dilakukan baik secara manual maupun dengan memanfaatkan CMS. Tentunya pemanfaatan CMS jauh lebih praktis dan cepat.

Untuk masalah kualitas dan keamanan, CMS pun sudah menjanjikan lebih untuk Anda. Jadi selain praktis, cepat, dan gratis, Anda juga bisa memiliki Website toko online dengan keamanan terbaik.

Penelusuran yang terkait dengan Cara Membuat Website Toko Online:

Cara membuat toko online dengan Blogspot
Cara membuat website toko online berbayar
Cara membuat website toko online dengan PHP
Cara membuat website toko online dengan HTML
Cara membuat website toko online dengan WordPress

Bagikan informasi tentang Cara Membuat Website Toko Online Dengan Memanfaatkan CMS kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Membuat Website Toko Online Dengan Memanfaatkan CMS | Usaha Bersama

Belum ada komentar untuk Cara Membuat Website Toko Online Dengan Memanfaatkan CMS

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Limited Edition
OFF 24%
Order Langsung
[COD] Gamis Dress Dhelisa Set Kerudung Usia 1 Sampai 8 Tahun Bahan Wollycrepe Terbaru

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

[COD] Gamis Dress dhelisa set kerudung usia 1 sampai 8 tahun bahan wollycrepe Terbaru Rp 68.750 Rp 90.000
Ready Stock
Popular!
Order Langsung
Jasa SEO YouTube Terbaik Terpercaya dan Berpengalaman

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jasa SEO YouTube *Harga Hubungi CS
Ready Stock
Best Seller
OFF 39%
Order Langsung
[COD] Hijab Instan Najwa Serut Jumbo XXL Premium – Bahan Kaos TC Halus Terbaru

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

[COD] Hijab Instan Najwa Serut Jumbo XXL Premium - Bahan Kaos TC Halus Terbaru Rp 55.000 Rp 90.000
Ready Stock
SIDEBAR